Tugas Critical Book Review

 

CRITICAL BOOK REVIEW

        DOSEN MATA KULIAH

MUHAMMAD ARIFIN, M. Pd

Disusun oleh        : Achmad Dani

NIM                     : 200402090014

Kelas                    : 3A Pagi

 

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA

PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

T.A : 2021/2022

 

Kata Pengantar

  Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT, atas segala rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan judul “Critical Book Review”.

  Makalah yang dibuat untuk memenuhi syarat memperoleh nilai tugas pada mata kuliah Kurikulum dan Pembelajaran, yang dalam hal ini proses penulisannya tak lepas dari pengarahan dan bimbingan dari bapak Muhammad Arifin, M. Pd selaku dosen mata kuliah.

  Penulis telah berupaya dengan semaksimal mungkin dalam penyelesaian tugas meringkas buku, namun penulis menyadari bahwa ini belum sempurna, baik dari segi isi, tulisan maupun kualitasnya. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun untuk memperbaiki tugas makalah ini.

  Akhir kata penulis mengharapkan semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan semoga tugas proposal ini bermanfaat dalam memperkaya Ilmu Kurikulum dan Pembelajaran.

 

 

 

 

 

 

 

                                                                                                        Malang, 04 November 2021

                                                                                                                        Penulis

 

 

                                                                                                                    Achmad Dani



Daftar Isi

Kata Pengantar................................................................................................................2

Daftar Isi..............................................................................................................................3

MODUL KURIKULUM & PEMBELAJARAN

Identitas Buku I..........................................................................................................................4

Pembelajaran..............................................................................................................................5

a) Analisa Kegiatan Pembelajaran 1..........................................................................................5

b) Analisa Kegiatan Pembelajaran 2..........................................................................................6

c) Analisa Kegiatan Pembelajaran 3..........................................................................................7

d) Analisa Kegiatan Pembelajaran 4..........................................................................................8

e) Analisa Kegiatan Pembelajaran 5..........................................................................................9

f) Analisa Kegiatan Pembelajaran 6.........................................................................................10

g) Analisa Kegiatan Pembelajaran 7........................................................................................11

h) Analisa Kegiatan Pembelajaran 8........................................................................................11

i) Analisa Kegiatan Pembelajaran 9.........................................................................................13

j) Analisa Kegiatan Pembelajaran 10.......................................................................................14

k) Analisa Kegiatan Pembelajaran 11......................................................................................15

l) Analisa Kegiatan Pembelajaran 12.......................................................................................16

m) Analisa Kegiatan Pembelajaran 13.....................................................................................17

n) Analisa Kegiatan Pembelajaran 14......................................................................................18

Kelebihan Buku I......................................................................................................................19

Kelemahan Buku II..................................................................................................................19

 

KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN

Identitas Buku II.......................................................................................................................22

Bab. 1. Proses Pendidikan........................................................................................................23

Bab. 2 Dasar Pengembangan Kurikulum.................................................................................23

Bab. 3 Hakikat Belajar.............................................................................................................24

Bab. 4 Hakikat Pembelajaran...................................................................................................24

Bab. 5 Tujuan Belajar dan Pembelajaran.................................................................................24

Bab. 6 Dasar Pembelajaran......................................................................................................25

Bab. 7 Motivasi Belajar............................................................................................................25

Bab. 8 Pendekatan dalam Pembelajaran...................................................................................26

Bab. 9 Pendekatan Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) dalam Pembelajaran...........................26

Bab. 10 Evaluasi Belajar dan Pembelajaran.............................................................................26

Kelebihan Buku II....................................................................................................................26

Kelemahan Buku II..................................................................................................................26

Perbandingan Buku I dan Buku II............................................................................................27

Kesimpulan dan Saran..............................................................................................................27

Daftar Pustaka..........................................................................................................................28

 

BOOK I

IDENTITAS BUKU

 

Judul Buku                    : MODUL KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN I

Penerbit                         : UMSU PRESS

Penulis                           : Muhammad Arifin, M. Pd, Uun Ahmad Saehu, M. Pd, Enny Rahayu, M. Hum, Ismail Saleh Nasution, M. Pd, Dra. Jamila, M. Pd, Sri Wahyuni, M. Pd, Riyan Taufika, M. Pd, Samidi, M. Pd, Surya Wisada Dachi, S. Pd., M. Pd, Drs Tepu Sitepu, M. Pd.

Tahun terbit                    : November 12, 2020

Tebal halaman                : 106 Halaman

Harga buku                    : Rp. 70.000


PEMBELAJARAN

a) Analisa Kegiatan Pembelajaran 1

1. Definisi dan Fungsi Kurikulum

  Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yaitu, kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar.

Adapun beberapa fungsi kurikulum antara lain :

1. Fungsi Penyesuaian

2. Fungsi Integrasi

3. Fungsi Diferensial

4. Fungsi Persiapan


2. Tujuan Materi Pembelajaran

1. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami wawasan tentang pengertian, fungsi kurikulum.

2. Memahami pentingnya pemahaman tentang fungsi kurikulum.

3. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian kurikulum menurut para ahli.

4. Mahasiswa dapat menjelaskan fungsi kurikulum.


3. Materi Pembelajaran

a.3.1. Definisi Kurikulum

a.3.2. Kurikulum Ideal, Aktual, dan Tersembunyi

a.3.3. Fungsi Kurikulum


b) Kegiatan Pembelajaran 2

1. Peranan Kurikulum dan Peran Guru dalam Kurikulum

  Pada bab ini setelah saya analisa, terdapat beberapa peranan kurikulum yang dinilai sangat pokok yaitu :

1. Peranan Konservatif

2. Peranan Kreatif

3. Peranan Kritis dan Evaluatif

  Sedangkan guru memiliki faktor penting dalam implementasi kurikulum. Jadi untuk peran guru dalam kurikulum yaitu :

1. Implementers

2. Adapter

3. Developers

4. Researchers


2. Tujuan Materi Pembelajaran

1. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami peranan kurikulum.

2. Mamahami pentingnya peranan Kurikulum.

3. Mahasiswa mampu menjelaskan peranan menurut para ahli.

4. Mahasiswa dapat menjelaskan peran guru dalam pengembangan kurikulum.


3. Materi Pembelajaran

b.3.1. Peranan Kurikulum

b.3.2. Peran Guru dalam Kurikulum


c) Kegiatan Pembelajaran 3

1. Landasan dan Prinsip Pengembangan Kurikulum

  Pada bab ini setelah saya analisa, terdapat beberapa landasan pengembangan kurikulum

yaitu :

1. Landasan Filosofis,

2. Landasan Psikologi

3. Landasan Sosio-teknologi

  Sedangkan untuk prinsip pengembangan kurilum terdapat beberapa yaitu :

1. Prinsip Relevansi

2. Prinsip Fleksibilitas

3. Prinsip Kontinuitas

4. Prinsip Efektifitas

5. Prinsip Efisiensi


2. Tujuan Pembelajaran

1. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami Landasan Pengembangan Kurikulum.

2. Mahasiswa dapat memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum.

3. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang Landasan Pengembangan Kurikulum.

4. Mahasiwa dapat menjelaskan beberapa landasan yang menjadi dasar pijakan dalam pengembangan kurikulum.

5. Mahasiwa dapat mengindetifikasi sejumlah landasan kurikulum.

6. Mahasiwa dapat menjelaskan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum.


3. Materi Pembelajaran

c.3.1. Landasan Kurikulum

c.3.2. Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum


d) Kegiatan Pembelajaran 4

1. Sejarah Kurikulum di Indonesia

  Pada bab ini setelah saya analisa, terdapat beberapa perubahan dalam kurikulum di Indonesia dan terbagi dalam 3 fase besar, yaitu :

1. Pra Kemerdekaan : MULO, AMS, Kokumin GAKA

2. Masa Kemerdekaan : 1947 Leer Plan, 1952 Rencana Pembelajaran Terurai, 1964 Rencana Pendidikan 1964, 1968 Pembinaan Jiwa Pancasila, 1975 Beriorientasi Pada Tujuan, 1984 CBS, 1994 Link & Match.

3. Era Reformasi : 2004 KBK, 2006 KTSP, 2013 K-13


2. Tujuan Pembelajaran

1. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami sejarah kurikulum di Indonesia.

2. Memahami dinamika perkembangan kurikulum di Indonesia.

3. Memahami kurikulum di Indonesia mulai dari Periode Pra Kemerdekaan hinga Pascakemerdekaan.


3. Materi Pembelajaran

d.3.1. Sejarah Kurikulum

d.3.2. Periode Pra Kemerdekaan

d.3.3. Periode Pascakemerdekaan

d.3.3.1. Kurikulum 1947

d.3.3.2. Kurikulum 1925

d.3.3.3. Kurikulum 1964

d.3.3.4. Kurikulum 1968

d.3.3.5. Kurikulum 1975

d.3.3.6. Kurikulum 1984

d.3.3.7. Kurikulum 1994


e) Kegiatan Pembelajaran 5

1. Periode Era Reformasi

  Pada bab ini setelah saya analisa, perubahan kurikulum terus berjalan seiring dengan perkembangan bangsa Indonesia, setelah melewati fase Prakemerdekaan dan Pascakemerdekaan. Berikut beberapa perubahan kurikulum di era reformasi :

1. Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)

2. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

3. Kurikulum 2013


2. Tujuan Pembelajaran

1. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami sejarah kurikulum era Reformasi.

2. Memahami perbedaan kurikulum KBK, KTSP, dan Kurikulum 2013

3. Memahami kurikulum 2013 edisi revisi.


3. Materi Pembelajaran

e.3.4. Periode Era Reformasi

e.3.4.1. Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) atau 2004

e.3.4.2. Kurikulum 2006 (KTSP)

e.3.4.3. Kurikulum 2013

e.3.4.4. Kurkulum 2013 Revisi


f) Kegiatan Pembelajaran 6

1. Komponen-Komponen Pengembangan Kurikulum

  Pada bab ini setelah saya analisa, komponen adalah bagian yang integral dan fungsional yang tidak terpisahkan dari suatu sistem kurikulum karena komponen itu sendiri mempunyai peranan dalam pembentukan kurikulum. Pengembangan kurikulum pada dasarnya merupakan suatu proses yang berkelanjutan dan merupakan suatu siklus dari beberapa komponen, yaitu tujuan, bahan, kegiatan, dan evaluasi. Tujuan dalam komponen kurikulum memiliki peranan penting untuk mengarahkan semua kegiatan pembelajaran yang mewarnai komponen-komponen kurikulum lainnya. Berikut beberapa komponen pengembangan kurikulum :

1.  Tujuan

2. Materi/Isi

3. Metode/Proses

4. Evaluasi


2. Tujuan Pembelajaran

1. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami komponen-komponen pengembangan kurikulum.

2. Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah landasan komponen-komponen pengembangan kurikulum.

3. Mahasiswa mampu mengidentifikasi komponen-komponen pengembangan kurikulum.

4. Mahasiwa mampu menganalisis komponen pengembangan kurikulum yang perlu dasar pertimbangan dalam penyusunan program.


3. Materi Pembelajaran

f.3.1. Definisi Komponen

f.3.2. Koomponen Tujuan

f.3.3. Komponen Isi/Materi

f.3.4. Komponen Metode/Proses

f.3.5. Komponen Evaluasi


g) Kegiatan Pembelajaran 7

1. Organisasi Pengembangan Kurikulum

  Pada bab ini setelah saya analisa, jika dilihat dari organisasi kurikulum, Idi (2016 ; ) membagi empat tipe kurikulum yakni :

1. Separated Subject Curriculum

2. Correlated Curriculum

3. Brod Fields Curriculum

4. Integrated Curriculum


2. Tujuan Pembelajaran

1. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami organisasi pengembangan kurikulum.

2. Mahasiwa dapat memahami tipe organisasi pengembangan kurikulum.

3. Mahasiwa mampu menjelaskan organisasi pengembangan kurikulum.

4. Mahasiwa mampu menjelaskan tipe organisasi pengembangan kurikulum.


3. Materi Pembelajaran

g.3.1. Separated Subject Curriculum

g.3.2. Correlated Curriculum

g.3.3. Broad Fields Curriculum

g.3.4. Integrated Curriculum


h) Kegiatan Pembelajaran 8

1. Model Pengembangan Kurikulum

  Pada bab ini setelah saya analisa, kemajuan suatu negara tidak terlepas dari kualitas pendidikan, sedangkan kualitas pendidikan tentunya dipengaruhi oleh berbagai aspek di antaranya adalah kurikulum. Dalam pengembangan kurikulum tidak terlepas dari model kurikulum karena dalam pengembangan kurikulum sedapat mungkin didadarkan pada faktor-faktor konstan, sehingga ulasan mengenai model-model yang dibahas dapat dilakukan secara konsisten. Faktor-faktor konstan yang dimaksud adalah dalam pengembangan model kurikulum perlu didasarkan pada tujuan, baha pelajaran, proses belajar mengajar, dan evaluasi yang tergambar dalam proses pengembangan tersebut. Dalam model pengembangan kurikulum, Tyler membagi empat tahap yaitu :

1. Menentukan tujuan pendidikan

2. Menentukan proses pembelajaran yang harus dilakukan

3. Menentukan organisasi pengalaman belajar dan menentukan evaluasi

4. Menentukan evaluasi pembelajaran


2. Tujuan Pembelajaran

1. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami pengertian model pengembangan kurikulum.

2. Mahasiswa dapat memahami berbagai jenis model pengembangan kurikulum.

3. Mahasiswa mampu menjelaskan perbandingan model-model pengembangan kurikulum.

4. Mahasiwa mampu menjelaskan berbagai jenis model pengembangan kurikulum.


3. Materi Pembelajaran

h.3.1. Raph Tyler

h.3.2. Hilda Taba

h.3.3. DK Wheeler

h.3.4. Audrey and Howard Nicholls

h.3.5. Model Administratif

h.3.6. Grass Roots

h.3.7. Kurikulum Terpadu


i) Kegiatan Pembelajaran 9

1. Hakekat Belajar, Mengajar, dan Pembelajaran

  Pada bab ini setelah saya analisa, menurut Anthony Robbias (Trianto Ibnu Badar al Tabany, 2017 ; 17) menyatakan belajar sebagai proses menciptakan hubungan antara suatu (pengetahuan) yang sudah dipahami dan suatu (pengetahuan) yang baru. Dari definisi ini dimensi belajar memuat beberapa unsur, yaitu :

1. Penciptaan hubungan.

2. Suatu hal (pengetahuan), yang sudah dipahami.

3. Sesuatu (pengetahuan) yang baru.


2. Tujuan Pembelajaran

1. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiwa dapat memahami konsep dasar hakekat belajar.

2. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar hakekat belajar, mengajar, dan pembelajaran.

3. Mahasiswa dapat menjelaskan ciri-ciri belajar.

4. Mahasiswa dapat menjelaskan proses belajar.

5. Mahasiswa dapat menjelaskan hasil belajar.


3. Materi Pembelajaran

i.3.1. Definisi belajar, mengajar, dan pembelajaran

i.3.2. Ciri-ciri belajar

i.3.3. Prinsip-prinsip Belajar

i.3.4. Proses Belajar


j) Kegiatan Pembelajaran 10

1. Definisi dan Prinsip Mengajar, Pembelajaran, dan Prinsip Pembelajaran 2013

  Pada bab ini setelah saya analisa, mengajar secara deskriptif diartikan sebagai proses penyampaian informasi atau pengetahuan dari guru kepada siswa. Proses penyampaian ini sering disebut proses mentransfer ilmu. Jadi, mengajar adalah menanamkan pengetahuan atau keterampilan. Wina Sanjaya (2008,224-228) menjelaskan sejumlah prinsip dalam mengajar sebagai implementasi kurikulum yakni :

1. Beriorientasi pada tujuan

2. Aktivitas

3. Individualitas

4. Integritas

5. Interaktif

6. Inspiratif

7. Menyenangkan

8. Menantang

9. Motivasi

  Pembelajaran merupakan proses yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan perilaku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil dari pengalaman individu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran memiliki beberapa prinsip yakni :

1. Dari peserta didik diberi tahu menuju peserta didik mencari tahu

2. Dari guru sebagai satu-satunya sumber belajar menjadi belajar berbasis aneka sumber belajar

3. Dari pendekatan tekstual menuju proses sebagai penguatan penggunaan pendekatan ilmiah

4. Dari pembelajaran berbasis konten menuju pembelajaran berbasis komptensi

5. Dari pembelajaran parsial menuju pembelajaran terpadu


2. Tujuan Pembelajaran

1. Setelah mempelajari materi ini mahasiswa dapat memahami definisi mengajar pembelajaran.

2. Memahami prinsip mengajar dan prinsip pembelajaran kurikulum 2013.

3. Mampu menjelaskan prinsip pembelajaran kurikulum 2013 dan contoh RPP.

4. Mampu memahami media pembelajaran, bahan ajar, dan sumber belajar.


3. Materi Pembelajaran

j.3.1. Definisi Mengajar

j.3.2. Prinsip Mengajar

j.3.3. Definisi Pembelajaran

j.3.4. Prinsip Pembelajaran Kurikulum 2013


k) Kegiatan Pembelajaran 11

1. Merdeka Belajar

  Pada bab ini setelah saya analisa, merdeka belajar adalah program kebijakan baru Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Kabinet Indonesia Maju, Nadiem Anwar Makarim. Merdeka Belajar merupakan sistem pengajaran yang tidak hanya dilakukan di dalam kelas tetapi juga diluar kelas dengan nuansa pembelajaran akan lebih nyaman agar peserta didik dapat berdisukusi lebih dengan guru. Berikut beberapa tujuan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka :

1. Mendorong proses pembelajaran di Perguruan Tinggi yang semakin otonom dan fleksibel

2. Menciptakan kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa


2. Tujuan Pembelajaran

1. Mahasiswa mampu memahami pembelajaran terbaru (Merdeka Belajar)


3. Materi Pembelajaran

k.3.1. Pengertian Merdeka Belajar

k.3.2. Merdeka Belajar di Sekolah

k.3.3. Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi

k.3.4. Contoh Implementasi Merdeka Belajar

k.3.5. Prinsip Pembelajaran terbaru


l) Kegiatan Pembelajaran 12

1. Media Pembelajar, Bahan Ajar, dan Sumber Belajar

  Pada bab ini setelah saya analisa, media secara umum adalah sesuatu yang dapat menyalurkan infromasi dari sumber informasi ke penerima informasi. Menurut Heinich dan Moelanda menjelaskan ada enam jenis dasar dari media pembelajaran, yakni :

1. Teks

2. Media Audio

3. Media Visual

4. Media Proyeksi Gerak

  Menurut Gafur, bahan ajar adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus diajarkan oleh guru dan dipelajari oleh siswa. Bahan ajar tersebut berisi materi pelajaran yang harus dikuasai oleh siswa. Berikut beberapa  bentuk bahan ajar yaitu :

1. Bahan cetak

2. Audio Visual

3. Audio

4. Visual

5. Multimedia

  Menurut Sudiman (Febriana, 2019 ; 131) sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk belajar yakni berupa orang, benda, pesan, bahan, teknik, dan latar. Sumber belajar ditetapkan sebagai informasi yang disajikan dan disimpan dalam berbagai bentuk media, yang dapat membantu siswa dalam belajar sebagai perwujudan dan kurikulum. Dari definisi diatas maka sumber belajar dapat dikategorikan sebagai berikut :

1. Tempat atau lingkungan sekitar

2. Benda

3. Orang

4. Bahan

5. Buku

6. Peristiwa


2. Tujuan Pembelajaran

1. Mahasiswa mampu memahami media pembelajaran, bahan ajar, dan sumber-sumber belajar

2. Mahasiswa mampu mengimplementasi media pembelajaran dan bahan ajar


3. Materi Pembelajaran

l.3.1. Media Pembelajaran

l.3.2. Bahan Ajar

l.3.3. Sumber Belajar


m) Kegiatan Pembelajaran 13

1. Peta Konsep dan Teori Belajar

  Pada bab ini setelah saya analisa, menurut Sani (2013 ; 2) teori belajar dapat membantu guru untuk memahami bagaimana peserta didik belajar. Pemahaman tentang cara belajar dapat membantu proses belajar lebih efektif, efisien, dan produktif. Berdasarkan teori belajar, guru dapat merancang dan merencanakan proses pembelajarannya. Teori belajar juga dapat menjadi panduan guru untuk mengolah kelas serta membantu guru untuk mengevaluasi proses perilaku guru sendiri serta hasil belajar siswa yang telah dicapai. Hal yang harus dipahami dalam teori belajar adalah :

1. Konsep dasar teori tersebut beserta ciri-ciri dan persyaratan yang melingkupinya;

2. Bagaimana sikap dan peran guru dalam proses pembelajaran jika teori tersebut diterapkan;

3. Faktor-faktor lingkungan (fasilitas, alat, suasana) apa yang perlu diupayakan untuk mendorong proses pembelajaran;

4. Tahapan yang harus dilakukan guru untuk melaksanakan proses pembelajaran;

5. Hal-hal yang harus dilakukan peserta didik dalam proses belajar.


2. Tujuan Pembelajaran

1. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami teori-teori belajar behaviorisme dan teori belajar kontruktivisme

2. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar teori belajar behaviorisme

3. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar teori belajar kognitivisme

4. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar teori belajar kontruktivisme


3. Materi Pembelajaran

m.3.1. Teori belajar behaviorisme

m.3.2. Teori belajar kognitivisme

m.3.3. Teori belajar kontruktivisme


n) Kegiatan Pembelajaran 14

1. Teori belajar Humanisme, Kecerdasan Ganda, dan Sibernetik

  Pada bab ini setelah saya analisa, teori humanisme adalah keberhasilan belajar terjadi jika perserta didik memahami lingkuannya dan dirinya sendiri. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya, bukan pengamatnya.

  Teori Kecerdasan Ganda adalah kecerdasan seorang tiba-tiba tidak diukur dari hasil tes psikologi standar, namun dapat dilihat dari kebiasaan seseorang terhadap dua hal, kebiasaan menyelesaikan masalah dan kebiasaan seseorang menciptakan produk baru yang punya nilai kreatif.

  Teori Sibernetik adalah teori belajar yang mementingkan proses pembelajaran dan menggunakan teknologidalam mendapatkan informasi yang cepat dan tepat. Tujuan dari pada pelajaran ini adalah meningkatkan kemampuan siswa dalam menerima informasi dan mengkreatifkan guru dalam pembelajaran.


2. Tujuan Pembelajaran

1. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar teori belajar humanistik

2. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar teori belajar sibernetik dan

3. Teori belajar Kecerdasan Ganda

4. Mahasiswa dapat membuat konsep enam teori


3. Materi Pembelajaran

n.3.1. Teori Belajar Humanisme

n.3.2. Teori Belajar Kecerdasan Ganda

n.3.3. Teori Sibernetik


Kelebihan dan Kelemahan Buku Modul Kurikulum & Pembelajaran

Kelebihan Buku

Kelemahan Buku

1. Terlihat jelas bahwa buku Modul Kurikulum & Pembelajaran ini memiliki keunggulan yang diantaranya adalah memiliki penjelasan yang akurat dan lengkap mengenai Sistem pembelajaran pada kurikulum yang disertai dengan pembahasan lengkap mengenai metode dan cara mengajar guru kepada siswa. Penjelasan keterangan buku yang disertakan dengan gambar sehingga keterangan yang di berikan sangat jelas dan akurat.

 

2. Buku ini juga tersusun secara sistematis, terpadu dan terarah sehingga memudahkan bagi mahasiswa dalam memahaminya.

 

3. Buku ini memiliki harga yang terjangkau sehingga para mahasiswa masi mampu untuk membeli buku ini.

 

4. Buku ini tergolong sangat lengkap karena memiliki daftra pusaka atau refrensi yang dimuat informasinya berdasarkan sumber buku yang terpercaya.

 

5. Memiliki cover ( sampul depan ) yang sangat menarik sehingga banyak peminat untuk membeli dan mempelajari buku ini, tidak hanya kalangan mahasiswa tetapi juga di kalangan pelajar.

1. Penulisan beberapa tabel yang ukuran font nya hampir tidak terbaca.

 

2. Buku ini masih  jauh dari sempurna.

 

3. Terdapat beberapa kata yang typo/salah penulisan sehingga dapat membuat mahasiswa kebingungan.

 

4. Terdapat beberapa kata yang tidak baku.

 

5. Buku ini disertakan gamabr mengenai keterangan dari isi topik yang kurang jelas karena tidak bewarna.


BOOK II

IDENTITAS BUKU

Judul Buku                     : Kurikulum dan Pembelajaran

Pengarang                       : Prof. Dr. Oemar Hamalik

Penerbit                          : PT. Bumi Aksara

Tahun Terbit                   : Oktober 2017 (Cetakan Keenam Belas)

Tebal Halaman                : 184

Harga Buku                    : Rp. 47.000


Isi Buku

Dalam buku ini “Kurikulum dan Pembelajaran” terdiri dari 10 bab yaitu :


Bab. 1. Proses Pendidikan

  Pada bab pertama, buku ini membahas tentang pengertian pendidikan, tujuan pendidikan, peserta didik, tenaga kependidikan dan pendekatan baru dalam pengajaran. Pendidikan adalah suatu proses dalam rangka mempengaruhi peserta didik supaya mampu menyesuaikan diri sebaik mungkin dengan lingkungannya, dan dengan demikian akan menimbulkan perubahan dalam dirinya yang memungkinkan untuk berfungsi secara adekuat dalam kehidupan masyarakat. Tujuan Pendidikan adalah seperangkat hasil pendidikan yang tercapai oleh peserta didik setelah diselenggarakan kegiatan pendidikan. Peserta didik adalah suatu komponen masukan dalam sistem pendidikan yang selanjutnya diproses dalam proses pendidikan, sehingga menjadi manusia yang berkualitas sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

  Tenaga kependidikan adalah suatu komponen yang penting dalam penyelenggaraan pendidikan, yang bertugas menyelenggarakan kegiatan mengajar, melatih, meneliti, mengembangkan, mengelola, dan atau memberikan pelayanan teknis dalam bidang pendidikan. Terdapat banyak pendekatan baru dalam pengajaran di beberapa bidang. Beberapa bidang tersebut adalah prinsip-prinsip belajar mengajar, aspek-aspek perkembangan peserta didik, menghormati individu peserta didik, perkembangan pribadi, metode dan teknik mengajar, konsep masalah disiplin, pengukuran dan evaluasi dan penggunaan alat-alat audio visual.


Bab. 2. Dasar Pengembangan Kurikulum

  Pada bab ini penulis membahas pengertian kurikulum, landasan pengembangan kurikulum, komponen-komponen pengembangan kurikulum dan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum. Pengertian kurikulum adalah sejumlah mata ajaran yang harus ditempuh dan dipelajari oleh siswa untuk memperoleh sejumlah pengetahuan.

  Landasan pengembangan kurikulum adalah, kurikulum disusun untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional dengan memperhatikan tahap perkembangan peserta didik dan sesuainya dengan lingkungan.

  Komponen-komponen pengembangkan kurikulum terdiri dari beberapa aspek. Yaitu, tujuan kurikulum, materi kurikulum, metode, organisasi kurikulum dan evaluasi. Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum didasarkan berbagai prinsip.


Bab. 3. Hakikat Belajar

  Pada bab ini penulis membahas tentang pengertian belajar, teori belajar, ciri-ciri belajar dan unsur-unsur dinamis dalam proses belajar. Belajar merupakan sebuah proses bukan hasil atau tujuan dan belajar bukanlah mengingat namun juga mengalami. Pada buku ini dibahas tiga teori, yaitu teori connectionisme, psikologi kognitif dan psikologi Gestalt.

  Ciri-ciri belajar yaitu, belajar berbeda dengan kematangan, belajar dibedakan dari perubahan fisik dan mental dan ciri belajar yang hasilnya relatif menetap. Unsur-unsur yang terkait dalam proses belajar terdiri dari motivasi siswa, bahan belajar, alat bantu belajar, suasana belajar dan kondisi subjek yang belajar.


Bab. 4. Hakikat Pembelajaran

  Pada bab ini dibahas pengertian pembelajaran, teori-teori pembelajaran, ciri-ciri pembelajaran dan unsur-unsur pembelajaran. Pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur yang saling mempengaruhi mencapai tujuan pembelajaran. Teori-teori pembelajaran terdapat banyak pandangan. Lima diantara-nya adalah mengajar adalah upaya menyampaikan pengetahuan kepada peserta didik/siswa di sekolah. Mengajar adalah mewariskan kebudayaan kepada generasi muda melalui lembaga pendidikan sekolah, pembelajaran adalah upaya mengorganisasi lingkungan untuk menciptakan kondisi belajar bagi peserta didik, pembelajaran adalah upaya mempersiapkan peserta didik untuk menjadi warga masyarakat yang baik dan pembelajaran.

  Terdapat tiga ciri pembelajaran yang dibahas pada buku ini. Yaitu, rencana, kesalingtergantungan dan tujuan. Unsur-unsur minimal yang harus ada dalam sistem pembelajaran adalah seorang siswa/peserta didik, suatu tujuan dan suatu prosedur kerja untuk mencapai tujuan.


Bab. 5. Tujuan Belajar dan Pembelajaran

  Pada bab ini dibahas tujuan belajar, tujuan pembelajaran, klasifikasi tujuan pendidikan dan taksonomi tujuan pendidikan. Tujuan belajar adalah sejumlah hasil belajar yang menunjukkan bahwa siswa telah melakukan perbuatan belajar, yang umumnya meliputi pengetahuan, keterampilan dan sikap-sikap yang baru, yang diharapkan tercapai oleh siswa.

  Tujuan pembelajaran adalah rumusan yang luas mengenai hasil-hasil pendidikan yang diinginkan. Tujuan pendidikan dapat diklasifikasikan berdasarkan pendekatan tertentu. Pengklasifikasian perlu diadakan supaya dapat diketahui jenis dan jenjang suatu tujuan pendidikan dan hal ini dapat membantu si perancang/pengembang program pendidikan.

  Taksonomi tujuan pendidikan merupakan suatu kategorisasi tujuan pendidikan, yang umumnya digunakan sebagai dasar untuk merumuskan tujuan kurikulum dan tujuan pembelajaran.


Bab. 6. Dasar Pembelajaran

  Pada bab ini dibahas asas-asas belajar, aktivitas belajar/keterlibatan langsung, perbedaan individual, pengulangan dan latihan dan lingkungan. Asas-asas belajar terdiri dari tujuan belajar, motivasi belajar, umpan balik hasil belajar dan transfer hasil belajar. Aktivitas belajar/keterlibatan langsung diperlukan untuk mengarahkan tingkah laku menuju ke tingkat perkembangan yang diharapkan. Perbedaan individual dapat dilihat dari dua segi, yakni horizontal dan vertikal.

  Pengulangan dan latihan dalam hubungan mengajar dan belajar adalah suatu tindakan/perbuatan pengulangan yang bertujuan untuk lebih menetapkan hasil belajar. Individu dan lingkungan terjalin proses interaksi atau saling mempengaruhi satu dengan lainnya.


Bab. 7. Motivasi Belajar

  Pada bab ini dibahas pengertian dan pentingnya motivasi, jenis dan sifat motivasi, prinsip-prinsip motivasi belajar dan upaya meningkatkan motivasi belajar. Motivasi adalah suatu perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan timbuknya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan. Motivasi adalah kebutuhan manusia yang sifatnya bertingkat. Pemuasan terhadap tingkat kebutuhan tertentu dapat dilakukan jika tingkat kebutuhan sebelumnya telah mendapat pemuasan.

  Terdapat 17 prinsip motivasi belajar. Yaitu, pujian lebih efektif dari hukuman, para siswa mempunyai kebutuhan psikologis yang perlu mendapat kepuasan, motivasi yang bersumber dari dalam diri individu lebih efektif, tingkah laku yang serasi perlu dilakukan penguatan, motivasi mudah menjalar kepada orang lain, pemahaman yang jelas terhadap tujuan-tujuan akan merangsang motivasi belajar, tugas yang dibebankan oleh sendiri akan menimbulkan minat, ganjaran yang berasal dari luar diperlukan, teknik dan prosedur pembelajaran yang bervariasi dan efektif, minat khusus yang dimiliki oleh siswa bermanfaat dalam belajar, memberikan perhatian kepada kegiatan-kegiatan siswa, kecemasan dan frustrasi berpengaruh, kecemasan yang serius akan menyebabkan kesulitan belajar, tugas-tugas yang terlalu serius membuat frustrasi siswa, masing-masing siswa memiliki kadar emosi yang berbeda, pengaruh kelompok efektif dan motivasi yang kuat erat hubungannya dengan kreativitas.

  Terdapat beberapa upaya meningkatkan motivasi belajar. Yaitu, upaya menggerakkan motivasi, upaya pemberian harapan, upaya pemberian intensif, upaya pengaturan tingkah laku siswa.


Bab. 8. Pendekatan dalam Pembelajaran

  Pada bab ini dibahas perkembangan konsep pembelajaran, model pembelajaran berdasarkan teori-teori belajar dan strategi pembelajaran. Pandangan mengenai konsep pengajaran terus-menerus mengalami perubahan dan perkembangan sesuai dengan kemajuan ilmu dan teknologi pendidikan. Terdapat empat model pembelajaran berdasarkan teori-teori belajar. Yaitu, model interaksi sosial, model proses informasi, model personal dan model modifikasi tingkah laku. Strategi pembelajaran dibedakan menjadi empat jenis. Yaitu, pembelajaran penerimaan, pembelajaran penemuan, pembelajaran penguasaan dan pembelajaran terpadu.


Bab. 9. Pendekatan CBSA dalam Pembelajaran.

  Pada bab ini dibahas konsep CBSA dalam pembelajaran dan pendekatan ketrampilan proses sebagai bagian dari CBSA. Cara belajar siswa aktif merupakan suatu upaya dalam pembaruan pendidikan dan pembelajaran. Pendekatan ketrampilan proses sebagai bagian dari cara belajar siswa aktif dibagi menjadi empat. Yaitu, rasional ketrampilan proses dalam pembelajaran, pengertian ketrampilan proses dan kaitannya dengan cara belajar siswa aktif, kemampuan dalam ketrampilan proses, dan penerapan ketrampilan proses dalam pembelajaran.


Bab. 10. Evaluasi Belajar dan Pembelajaran.

Pada bab ini dibahas pengertian, kedudukan, dan syarat-syarat umum evaluasi, evaluasi hasil belajar, evaluasi pembelajaran. Pengukuran adalah suatu upaya untuk mengetahui berapa banyak hal-hal telah dimiliki siswa dari hal-hal yang telah diajarkan oleh guru.

  Evaluasi hasil belajar adalah keseluruhan kegiatan pengukuran, pengolahan, penafsiran, dan petimbangan untuk membuat keputusan tentang tingkat hasil belajar yang dicapai oleh siswa setelah melakukan kegiatan belajar dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.


Kelebihan dan Kelemahan Buku Kurikulum dan Pembelajaran

Kelebihan Buku

Kelemahan Buku

1. Buku ini memberikan penjelasan lengkap bagaimana kurikulum dan pembelajaran.

 

2. Buku ini menyajikan penjelasan yang jelas dan urut.

 

3. Bahasa yang digunakan di dalam buku ini dapat di pahami dengan mudah dan jelas           meskipun pembacanya bukan ahli dalam pendidikan.

 

4. Teori yang terdapat di dalam buku ini masuk teori yang sering digunakan               di kehidupan nyata dan cukup untuk dijadikan dasar pembelajaran.

 

5. Buku ini menyajikan kondisi-kondisi nyata yang terjadi di pembelajaran sehingga   dapat memberikan pandangan nyata tentang bagaimana teori belajar dapat digunakan.

1. Buku ini di tulis pertama kali pada tahun 1994, maka dari itu beberapa konsep        pemikiran dari penulis tergolong belum mengikuti perkembangan jaman, meskipun          cetakannya di perbarui.

 

2. Penulis buku kurang memberikan perspektif dari penelitian orang lain, sehingga      pandangan yang disajikan hanya dari perspektif penulis.

 

3. Pada buku ini tidak menyajikan data angka yang dapat menunjang pada pandangan           penulis.

 

4. Pada penjelasan Teori Belajar hanya terdapat sedikit perbandingan antar teori.

 

5. Karena kelebihan buku ini menjelaskan banyak materi, buku ini kurang fokus                     terhadap satu materi yang menyebabkan kurang dalamnya pengetahuan yang didapat   pembaca terhadap satu materinya.


PERBANDINGAN ANTARA BUKU I DENGAN BUKU II

1. Buku II memiliki penjelasan yang lebih jelas di setiap Bab nya sedangkan buku I sudah jelas tetapi tidak dijelaskan lebih mendetail.

2. Buku II disajikan dengan Informasi Berupa Kurikulum sedangkan Buku I menyajikan edisi keluaran terbaru dari kurikulum dan pembelajaran

3. Buku I memiliki tambahan materi berupa catatan pada tabel sedangkan di Buku II hanya membahas kurikulum secara teori singkat tampa sketsa

4. Buku I memiliki Informasi yang lengkap dan akurat untuk pembelajaran portofolio dan silabus sedangkan di buku II penjelasan hanya Garis besarnya saja

5. Adapun perbedaan terletak dari tebal halaman, Buku I memiliki 106 ketebalan halaman sedangkan buku II memiliki  Halaman 184

6. Harga dari buku II jauh lebih murah dari buku I

7. Buku I membahas mengenai kurikulum dan pendidikan disertai dengan Gambar dan keteragan Gambar sedangkan Buku II keterangan disertai dengan keterangan gambar disertai dengan sub sub topik yang sangat jelas.


Kesimpulan

  Dengan adanya meringkas dari kedua buku ini, Penulis berharap kepada seluruh Pembaca, agar dapat memahami dari keseluruhan isi buku yang dibaca, selain itu dengan adanya resensi buku ini penulis juga berharap kepada pembaca untuk menerapkankannya dengan baik agar dapat dengan mudah dimengerti tentang kurikulum dan pembelajaran ,baik itu buku-buku yang dapat diperoleh dari berbagai sumber. Bahkan bisa di katakan hal ini menjadi Program Wajib Belajar di seluruh Kalangan Pendidikan agar mendapat kemudahan dan juga dapat dinikmati untuk kepentingan pembelajaran kepada peserta didik.

  Penulis memberikan informasi ini agar semua pembaca dapat mendalami dari semua bab yang diulas dari kedua buku ini, sehingga para kalangan Mahasiswa atau Pelajar dapat mampu mengetahui cara dari  Sistematika Format Penulisan (Meringkas Buku).

  Mudah-mudahan urain singkat diatas dapat memberi sumbang sih bagi pembaca, saran dan kritik yang sifatnya membangun. Dan atas saran dan informasi serta bimbingan dari Bapak Muhammad Arifin, M. Pd selaku dosen mata kuliah Kurikulum dan Pembelajaran, saya ucapkan terima kasih.


Saran

  Dari uraian yang telah kami susun diatas, semoga pembaca mampu memahami maksud dari kurikulum pendidikan dengan baik dan benar sehingga kedepannya dapat lebih mudah mempraktikkan kurikulum atau metode pembelajaran tersebut.


Daftar Pustaka

Schunk, D. H. (2012). Learning Theories (Vol. 6). (P. Smith, & M. Buchholz, Eds.) Boston, MA, United States of America: Pearson.

Supratmi, N., & Safitri, H. (2011). Model Pembelajaran Telaah Yurisprudensi pada Pembelajaran Keterampilan Berbicara Kritis dengan Menggunakan Metode Debat Konfrontatif. Jurnal Pendidikan , 12 (2), 75-79.

Warimun, E. S., & Murwaningsih, A. (2015). Model Pembelajaran Induktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Generik Fisika Siswa SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika , 1 (1), 105-109.

Baharuddin, & Wahyuni, E. N. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. (A. Safa, Ed.) Yogyakarta, Indonesia: AR-RUZZ MEDIA.

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo, Indonesia: Nizamia Learning Center.

Komentar

Postingan Populer